KPK: Royani Orang Dekat yang Diduga Disembunyikan Sekretaris MA Nurhadi

Jakarta - Royani yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di Mahkamah Agung (MA) telah dimintakan penyidik KPK untuk dicegah ke luar negeri. Royani disebut KPK sebagai orang dekat Sekretaris MA Nurhadi.

"Iya, dia (Royani) orang dekat (Nurhadi)," ucap Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (16/5/2016).

Hanya saja, Yuyuk enggan menjelaskan secara rinci hubungan Nurhadi dengan Royani. Dari informasi yang didapat, Royani merupakan sopir sekaligus ajudan Nurhadi.

"Sampai saat ini saya juga belum mendapatkan penjelasan sedetail itu, apakah dia sopir atau ajudan," kata Yuyuk.

Dalam perkembangan kasus, Royani telah 2 kali tidak hadir tanpa keterangan ketika dipanggil penyidik KPK. Ada dugaan bahwa Royani disembunyikan lantaran mengetahui banyak tentang perkara tersebut.

"Kami menduga saksi disembunyikan. Jadi saat ini penyidik masih melakukan upaya-upaya lain agar bisa menghadirkan saksi-saksi tersebut. Saya belum bisa menginformasikan siapa yang menyembunyikan, tapi dugaan ke arah sana (Royani disembunyikan Nurhadi) ada," kata Yuyuk.

Atas hal tersebut, KPK masih berupaya melakukan penjemputan paksa terhadap Royani. Dia diketahui telah mangkir selama 2 kali yaitu pada 29 April 2016 dan 2 Mei 2016.

Royani diduga mengetahui tentang sejumlah hal penting berkaitan dengan perkara yang saat ini tengah diusut KPK. Kasus ini merupakan suap untuk pendaftaran Peninjauan Kembali (PK) yang didaftarkan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

KPK baru menetapkan 2 orang tersangka yatu Doddy Aryanto Supeno selaku pemberi suap dan Edy Nasution selaku penerima suap. Edy adalah panitera PN Jakpus.

Dalam perkembangan perkara itu, nama Sekretaris MA Nurhadi ikut terseret. Ruang kerja serta rumah Nurhadi di bilangan Kebayoran Baru telah digeledah. Bahkan ada upaya penghilangan barang bukti berupa uang dan dokumen ketika KPK menggeledah rumah Nurhadi. Sejumlah uang ditemukan, termasuk di toilet rumahnya.

0 Response to "KPK: Royani Orang Dekat yang Diduga Disembunyikan Sekretaris MA Nurhadi"

Post a Comment